Mengenal Pengaturan General pada Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 2, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Table Setup di PHPMaker berarti pengaturan yang dilakukan dari sisi level Table. Sekedar mengingatkan kembali, bahwa Table di project PHPMaker merupakan istilah yang mewakili object Tables, Views, dan Custom Views. Jadi, istilah Table di sini untuk menyederhanakan beberapa object yang biasanya dibuat berdasarkan object Tables dan Views di Database, di tambah dengan object Custom View yang juga mengacu kepada View yang dibuat dan bersifat kostum dari dalam project PHPMaker.

Ketika salah satu object Table diklik yang terdapat di panel Database pada project PHPMaker Anda, maka PHPMaker akan menampilkan tab yang bernama Table di panel khusus pada sebelah kanan. Anda sebagai Web Developer dapat mengoptimalkan beberapa pengaturan di dalam tab ini. Semua pengaturan yang terdapat di dalamnya merupakan pengaturan yang akan bekerja pada level Table. Artinya, pengaturan ini dapat menimpa atau meng-override pengaturan yang sama yang sebelumnya sudah didefinisikan dari level Global pada sub-tab Page Options (Global) di bawah tab PHP.

Mulai artikel ini, kita akan membahas mengenai bagian-bagian yang terdapat di dalam tab Table atau sering dikenal dengan istilah Table Setup di PHPMaker.

Bagian yang pertama Anda akan lihat dan posisinya berada paling atas adalah General. Bagian ini berisi beberapa item pengaturan sebagai berikut:

  1. Name, merupakan nama Table yang juga digunakan sebagai nama object Table pada file script yang dihasilkan oleh PHPMaker. Nilai pengaturan ini sifatnya read-only alias tidak dapat diubah.
  2. Generate, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan men-generate file script untuk Table yang bertalian.
  3. Caption, merupakan label dari Table yang sedang terpilih. Di sebelah kanan dari nilai pengaturan ini terdapat tombol kecil yang ketika diklik akan menampilkan jendela Multi-Language Property Editor, dan langsung link ke bagian Table Caption. Artinya, Anda dapat mengubah nilai ini selain dari Table Setup, juga bisa melalui jendela Multi-Language Property Editor tadi.
  4. Filter, merupakan nilai parameter filter (klausa WHERE) dari Table yang terpilih. Anda dapat mengklik tombol […] di pengaturan ini, dan PHPMaker akan menampilkan jendela Filter Editor. Anda dapat memasukkan nilai dari string Filter untuk menyaring record pada Table yang terkait. Anda juga dapat menyeret salah satu Field dari panel sebelah kiri ke dalam teks editor. Karakter kutipan pengenal SQL juga akan ditambahkan secara otomatis. String filter haruslah merupakan sebuah pernyataan PHP yang valid dan dia akan digabungkan dengan SQL milik Table tersebut pada file script yang akan di-generate oleh PHPMaker. Karena parameter filter merupakan sebuah string, maka dia harus diapit dengan petik ganda.
  5. Sort, merupakan nilai dari Field yang akan diurutkan (klausa ORDER BY) untuk Table yang sedang terpilih. Anda dapat mengklik tombol […] di pengaturan ini, dan PHPMaker akan menampilkan jendela khusus. Anda sebagai Web Developer dapat menentukan maksimal sampai 6 Field yang akan diurutkan pada saat Aplikasi Web menampilkan halaman List yang berisi data di Table ini, baik dalam urutan dari kecil ke besar (Ascending) maupun dari besar ke kecil (Descending).
  6. Default, jika diaktifkan, maka Table yang terpilih akan pertama kali ditampilkan oleh Aplikasi Web. Hanya salah satu Table saja yang bisa dijadikan sebagai standar Table yang ditampilkan pertama kali ketika Aplikasi Web diakses oleh Pengguna.

Di artikel berikutnya, kita akan membahas lebih detail mengenai item-item pengaturan yang terdapat di bagian List Page pada Table Setup PHPMaker.

Related Articles

  1. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  2. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  3. Mengenal Pengaturan Table-specific Options pada Table Setup di PHPMaker
  4. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  5. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  6. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  7. Mengenal Lebih Detail Field Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  10. Menyalin Tabel dan Field dari Dalam Project PHPMaker
  11. Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker
  12. Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker
  13. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  14. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Client Scripts di PHPMaker
  16. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker
  17. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  18. Menangani Hak Akses untuk Anonymous User dari PHPMaker
  19. Mengenal User ID Security di PHPMaker
  20. Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker