Mengenal Pengaturan Table-specific Options pada Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 15, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Sebenarnya banyak istilah di dunia IT dalam bahasa Inggris yang langsung dapat kita pahami dari artinya. Demikian halnya dengan istilah Table-specific Options, yang artinya adalah Pilihan-pilihan yang spesifik pada level Table. Tentu saja dalam hal ini kita membahas pilihan pengaturan level Table yang terdapat di PHPMaker.

Untuk menampilkan dan melihat pengaturan ini, tentu saja Anda harus mengklik salah satu Table yang Anda inginkan dari panel Database dalam project PHPMaker Anda. Di sebelah kanan, klik tab Table, lalu di panel sebelah kanan di dalam tab tadi ada panel yang bernama Table-specific Options.

Secara standar, di dalam panel Table-specific Options tadi terdapat beberapa bagian yang masih dalam keadaan tersembunyi collapsed. Anda dapat melihat item-item pengaturan apa saja yang terdapat di dalam setiap bagian tadi, dengan mengklik icon plus (+). Semua item pengaturan yang terdapat di dalamnya dalam hal ini masih dalam keadaan non-aktif (disabled).

Perlu diketahui, bahwa semua item pengaturan yang terdapat di panel Table-specific Options tersebut juga terdapat di level Global yang dapat Anda lihat melalui menu tab PHP -> Page Options (Global).

Untuk mengaktifkan item-item pengaturan yang terdapat di panel Table-specific Options tadi, maka Anda cukup dengan menghilangkan tanda centang pada item Use global settings. Artinya, karena saat ini Anda masih menggunakan pengaturan level global, maka pengaturan di level Table saat ini masih dalam keadaan non-aktif.

Selanjutnya, PHPMaker akan menampilkan kotak dialog yang berisi pertanyaan apakah Anda akan menyalin pengaturan yang sama dari level Global ke level Table. Jika Anda memilih Yes, maka PHPMaker akan menyalin semua item pengaturan yang sama dari level Global ke level Table. Sebaliknya, jika Anda memilih No, maka PHPMaker akan menggunakan pilihan standar yang terdapat di level Table.

Terdapat lima bagian yang terdapat di panel Table-specific Options, yaitu:

  1. Paging, berisikan item pengaturan untuk menghasilkan fitur pembagian halaman pada halaman List, yaitu mengenai gaya Paging apakah dalam bentuk tombol atau link, dan lokasi Paging apakah di bagian atas, bawah, atau atas dan bawah dari tabel yang terdapat di halaman List.
  2. Export, berisikan item pengaturan untuk mengeksport data ke beberapa media, seperti: Printer Friendly, Export to Excel, Export to Word, Export to CSV, Export to HTML, Export to XML, Export to PDF, dan Send to Email. Tersedia juga pilihan untuk membuat menu export tersebut apakah dalam style Button DropDown atau tidak.
  3. List Page, berisikan item pengaturan untuk menentukan jumlah record per halaman, pilihan jumlah record, posisi link di dalam tabel apakah kiri atau kanan, style menu pilihan di dalam tabel apakah dalam style button, DropDown, penghapusan tanpa konfirmasi, penghapusan banyak Record, tipe pengurutan, apakah Single Column, Multi-Column, fitur Export Data (untuk mengaktifkan atau tidak), tipe Export Data, apakah hanya untuk Record terpilih, untuk halaman yang aktif, atau untuk semua halaman, serta yang terakhir adalah item pengaturan untuk menampilkan halaman pencarian dalam jendela dialog modal atau tidak.
  4. View Page, berisikan item pengaturan untuk menampilkan bagian Paging di halaman View, serta untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Export Data di halaman View.
  5. Edit Page, berisikan item pengaturan apakah ingin menampilkan bagian Paging di halaman Edit atau tidak.

Pengaturan di level Table ini tentu sangat bermanfaat jika Anda tidak ingin menerapkan pengaturan level Global pada satu dan atau beberapa Table tertentu. Dan memang untuk itulah pengaturan level Table ini disediakan oleh PHPMaker.

Related Articles

  1. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  2. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  3. Mengenal Pengaturan General pada Table Setup di PHPMaker
  4. Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker
  5. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  6. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  7. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  10. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  11. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  12. Mengenal Lebih Detail Field Setup di PHPMaker
  13. Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker
  14. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker
  16. Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker
  17. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  18. Mengenal User Login Options di PHPMaker
  19. Menyalin Tabel dan Field dari Dalam Project PHPMaker
  20. Mengenal User ID Security di PHPMaker