Virus & Internet

Author: · Published: May 30, 2009 · Category: Internet dan Web 

Kalau membicarakan tentang virus pasti kita juga akan membicarakan internet, Mengapa? Karena kebanyakan virus yang telah beradaptasi dengan dunia menggunakan internet sebagai media penyebarannya, tidak hanya menggunakan media penyebaran floppy atau flashdisk seperti yang telah dilakukan pada virus-virus lokal kebanyakan.

Banyak virus yang menyebarkan dirinya lewat internet misalnya: W32/Emmareg.A yang mecoba menyebar melalui email dengan mengirimkan [reply] semua email yang ada di INBOX dengan menyertakan attachment NOVA.SCR. W32/VBWorm.MLG yang memalsukan diri sebagai PCMAV antivirus RC9 meminta kita untuk percaya dan mendownload virus tersebut. W32/Viking.GU yang mengakibatkan traffic jaringan menjadi padat hal ini dikarenakan Viking mencoba untuk melakukan ping request dengan melakukan scan terhadap semua IP yang terdapat dalam subnet lokal yang ada di dalam jaringan tersebut hal ini ditambah lagi dengan aksi lainnya dengan mencoba untuk mengkopikan dirinya ke komputer target serta menginfeksi file yang mempunyai ekstensi EXE.

Baru-baru ini saja ada virus Anjelina Jolie(W32/Agent.GPKB) yang mengirimkan e-mail berisi tawaran untuk memperoleh video syur FREE alias Gratis dengan embel-embel seakan-akan email tersebut merupakan Fitur dari Microsoft MSN. Lalu versi ke 2 dari virus Anjelina Jolie ini yaitu Anjelina Jolie II (W32/ DLoader.ITOA ) yang akan memalsukan isi berita dari CNN dan MSNBC . Virus ini dikategorikan sebagai Spyware dan mempunyai ciri-ciri yang tidak jauh dengan pendahulunya (Agent.GPKB), virus ini juga akan men- download sebuah program lain sama seperti pendahulunya yakni antivirus XP 2008 yang secara otomatis akan langsung di install di komputer korban . Anjelina Jolie II ini menyebarkan email dari Daily Top 10 dengan subject CNN.comDaily Top 10, harap berhati-hati apalagi jika diminta untuk download sebuah file dengan nama get_flash_update.exe pada saat anda klik salah satu berita dalam bentuk vidoe yang di sertakan pada email tersebut .

Saat saya lagi main-main ke warnet untuk mencari suasana sambil memandangi kecantikan penjaga warnetnya ternyata saya pulang dengan membawa oleh-oleh sebuah file.vbs yang berisi kode-kode untuk menggandakan diri dan menyebarkan dirinya melalui internet koding penyebaran internetnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Download Tulisan Lengkap :anharku-virusinternet.zip

Related Articles

  1. Memburu Virus Rontokbro dan Variannya dalam Membasmi dan Mencegah
  2. Mencegah Infeksi Berkas Microsoft Office
  3. Pesan Massal Untuk Rekan Kerja
  4. Membangun Komputer 100% Bebas Virus
  5. Mengelola Email di Outlook Express
  6. Cara Menonaktifkan Fitur Register Pada Open Journal Systems
  7. Virus Manfaatkan Autostart Windows
  8. Mengamankan Komputer dengan Meminimalisir Serangan Virus Tanpa Anti Virus
  9. Men-setting Alamat Sender Email di Gmail Sebagai Pengirim dari Account Email Lama
  10. Indikasi Serangan Email Bomber
  11. Mengenal Aplikasi Pengelolaan Jurnal secara Elektronik
  12. Mencegah Virus Tanpa Anti-Virus untuk Win XP, Win2K & Win2K3
  13. Mengaktifkan Fitur Automated Email Reminders di Open Journal Systems
  14. Virus Bandel Manfaatkan Tempat Sampah
  15. Trik Jitu Amankan File Penting Dari VIRUS
  16. Virus dan Trojan Komputer
  17. Membasmi Virus Sality
  18. Belajar Tipu Muslihat Virus dan Pencegahannya
  19. Internet Control Message Protocol (ICMP)
  20. Protokol Email