Visualisasi Metode Pengurutan

Author: · Published: August 25, 2006 · Category: Pemrograman Java 

Administrator

Mata kuliah Struktur Data merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada banyak program studi ilmu komputer. Mata kuliah ini mempelajari struktur data dan algoritma, diantaranya array, linked list, stack, queue, table hash, heap, metode pengurutan, metode pencarian, binary tree dan banyak lagi.

Salah satu cara termudah memahami materi mata kuliah ini adalah dengan cara memvisualisasikan materinya secara langsung, misalnya algoritma pengurutan. Tanpa visualisasi, algoritma pengurutan yang dipelajari harus dibayangkan oleh masing-masing orang. Hal ini tentunya tidaklah mudah, paling tidak didukung oleh beberapa alasan berikut: pertama, seringnya terjadi pertukaran data dari suatu posisi ke posisi lain selama proses pengurutan berlangsung. Kedua, sulitnya membayangkan dan mengingat posisi data yang berpindah dan data yang tidak berpindah. Ketiga, pertukaran dan perpindahan data tergantung kepada metode pengurutuan yang digunakan.

Tulisan ini membahas program visualisasi metode pengurutan dasar: bubble sort, selection sort dan insertion sort. Tujuannya adalah memperlihatkan perubahan posisi data dan menghitung secara tepat jumlah perbandingan dan pertukaran data selama proses pengurutan berlangsung. Implementasi program visualisasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java.

Download Tulisan Lengkap: taufik-visualisasi.zip

Related Articles

    None Found