Membangun Portal Radio-Streaming

Author: · Published: June 26, 2012 · Category: Pemrograman PHP 

Agus Subardjo

Mungkin anda pernah mendengarkan siaran radio dari internet. Siaran tersebut biasa diistilahkan “radio-streamng” Stream kalau tidak salah artinya mengalir, mangkanya ada juga istilah live-streaming, siaran hidup atau siaran langsung. Rradio streaming atau radio online ini memang mengudara tidak menggunakan frekuensi gelombang radio.  melainkan dengan menggunakan koneksi internet. Sama halnya dengan radio biasa yang siarannya bisa didengar oleh banyak pendengar. Ya itu tadi bedanya hanya saluran penyiarannya. Jadi kesimpulannya siaran radio biasa bisa didingar menggunakan alat Radio atau juga menggunakan FM/AM receiver. Sedangkan Radio Streaming didengar oleh pendengar yang sedang menjalankan Internet dengan komputernya serta dengan handphone pun juga bisa. Namun setiap kali ingin mendengarkan radio-radio favorit anda, selalu harus meloncat-loncat surfing di internet.

Kalau anda mengalami seperti hal tersebut diatas, dapatkah diatasi bahwa dalam mendengarkan siaran-siaran radio tersebut terangkum dalam satu website (lepas apakah hanya localhost maupun host-server). Apabila kita menggunakan cara membangun website seperti yang saya tulis sejak awal, jawaban saya sangat-sangat mampu sekaliAdabeberapa opsi yang dapat dilaksanakan. Yang saya sampaikian opsi yang pertama ini agak konvensional, artinya kita tanpa mengolah seluruh syntax di-inputkan ke database.

Kita akan membangun website dengan phpMySQL, sebagaimana saya sebutkan diatas, idde tersebut sangat mudah dan familiar dengan website tersebut. Buatlah database dengan nama “radio”  dengan table “station” serta field:, id, nama_studio, syntax. Dapat juga anda tambah dengan logo serta diskripsi singkat.

Syntax, source-code, listing atau apa sajalah istilahnya yang penting anda paham yang dimaksudkan, yaitu sebuah kalimat atau huruf-huruf yang bermakna dalam prosesing sebuah website, sehingga dapat menciptakan kehidupan dalam situs tersebut.

Download Tulisan Lengkapagus_membangunweb8

Related Articles

  1. My Open Radio
  2. Membangun Sendiri Radio Internet
  3. Mengenal Radio Internet
  4. Hit Counter Dengan Animation Image
  5. Menambah Fitur Ala Blog
  6. Mengakses Halaman Website yang Sudah Offline Menggunakan Wayback Machine Milik Internet Archive
  7. Belajar Membuat Website
  8. Cyber Broadcast System (CBS) – 2
  9. Membangun Portal E-Learning
  10. Membangun Website Edutainment
  11. Membuat Blog dengan Movable Type
  12. Cyber Broadcast System (CBS) – 1
  13. Membangun Free Template Online Untuk Website
  14. Cara Menghemat Kuota Internet dan Mempercepat Browsing Internet
  15. Membuat Website untuk Usaha Anda
  16. Membangun Website Dinamis Berbasis PHP-MySQL
  17. Web Counter Google Analytics pada Blog
  18. Forward Website di Localhost Melalui IP Public
  19. Membangun Website Edutainment-2
  20. Tutorial Membuat Website Gratis