Mengenal Lebih Detail Field Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 1, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Ketika Anda mengklik salah satu object Table pada panel Database di PHPMaker, maka di sebelah kanan akan muncul tab Fields. Di bagian atas dari tab Fields ini merupakan grid yang berisi beberapa item pengaturan yang terkait dengan Field yang terdapat di sebuah Table, seperti: General, List Page, View Page, dan seterusnya.

Selengkapnya pengaturan-pengaturan itu adalah sebagai berikut:

  1. General, berisikan pengaturan untuk mengganti Caption dari Field, pengaturan untuk menentukan Primary Key sesuai kebutuhan, pengaturan untuk membagi Field ke dalam beberapa halaman (dalam bentuk Tab), dan pengaturan untuk menentukan nilai otomatis yang akan digunakan oleh Field (Auto-Update Value).
  2. List Page, berisikan pengaturan untuk menampilkan Field pada halaman List, pengaturan untuk menentukan Field yang memiliki fungsi Aggregate, lebar Field, text-wrap Field, Field yang akan ditampilkan di panel Quick Search, serta pengaturan untuk menyertakan field Extended Search.
  3. View Page, berisikan pengaturan untuk menampilkan Field pada halaman View yang menampilkan satu record per satu halaman.
  4. Edit Page, berisikan pengaturan untuk menampilkan Field pada halaman Edit, pengaturan untuk menentukan teks yang muncul jika mouse berada di atas sebuah Field, pengaturan untuk membuat Field menjadi Read-Only, dan pengaturan control yang akan digunakan di sebuah Field.
  5. Add Page, berisikan pengaturan untuk menampilkan Field pada halaman Add, dan pengaturan untuk menentukan nilai yang otomatis terisi pada sebuah Field saat Pengguna menambah data.
  6. Multi-Update, berisikan pengaturan untuk menampilkan Field yang terlibat di halaman pemutahiran beberapa Record sekaligus (Multi-Update).
  7. Advanced Search Page, berisikan pengaturan untuk menampilkan Field pada halaman Pencarian Lanjutan (Advanced Search), pengaturan untuk menentukan operator yang digunakan pada sebuah Field, serta pengaturan untuk menentukan nilai standar (default) yang akan ditampilkan di Field pada halaman Pencarian Lanjutan.

Setiap kali Anda mengklik salah satu Field, maka di bagian bawah dari pengaturan-pengaturan tadi akan muncul dua panel yang masing-masing bernama View Tag dan Edit Tag. Panel View Tag berisikan pengaturan-pengaturan yang terkait dengan DIV Tag Attributes, Hyperlink, dan Tooltip.

Sedangkan panel Edit Tag berisikan pengaturan-pengaturan yang terkait dengan control yang digunakan oleh Field, apakah TextBox, Password, Radio Button, CheckBox, ComboBox, List, TextArea, File, dan Hidden Field. Untuk masing-masing tipe control tersebut PHPMaker juga menyediakan pengaturan yang lebih detail lagi. Informasi lebih lanjut dan lebih detail mengenai fitur-fitur pendukung untuk setiap control tadi dapat Anda baca melalui topik Field Setup di file Help yang disediakan oleh PHPMaker.

Jika control yang digunakan adalah ComboBox atau SELECT yang isinya akan lookup ke sebuah tabel tertentu, maka akan muncul satu panel tambahan lainnya yang bernama Lookup Table. Di panel baru ini Anda sebagai Web Developer dapat menentukan pengaturan yagn terkait dengan Field Lookup tersebut. Sangat rinci dan sangat lengkap pengaturan yang ada di sini.

Dari semua penjelasan di atas, satu kesimpulan yang diambil oleh Penulis, bahwa antar-muka PHPMaker dibuat sangat intuitive, user-friendly, dan terintegrasi dengan baik antara satu fitur dengan fitur terkait lainnya. Semuanya berada pada satu jendela yang sama, dan hanya dipisahkan oleh panel sehingga sangat nyaman digunakan saat bekerja.

Alangkah sayangnya jika Web Developer tidak mengoptimalkan fitur-fitur hebat dan fleksibel ini untuk membangun Aplikasi Web yang hasilnya pun sangat hebat dan fleksibel juga.

Related Articles

    None Found