Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 5, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Salah satu bagian yang terdapat di dalam Table Setup di PHPMaker adalah pengaturan untuk menghasilkan halaman View. Halaman View adalah halaman yang menampilkan satu Record dalam satu halaman. Pengguna dapat melakukan navigasi ke Record berikutnya, ke Record sebelumnya, ke Record terakhir, dan ke Record pertama.

Anda sebagai Web Developer cukup hanya dengan mengaktifkan pengaturan View di bagian View Page yang terdapat di dalam tab Table, lalu men-generate ulang file script dengan menggunakan PHPMaker.

Syarat utama agar Anda dapat menghasilkan halaman View adalah, pada object Table yang Anda inginkan di project PHPMaker sudah memiliki kunci utama atau Primary Key. Jika hal ini tidak dipenuhi, maka halaman View tidak akan pernah dihasilkan oleh PHPMaker. Bahkan, jika pengaturan ini sebelumnya sudah diaktifkan atau diberi tanda centang, maka PHPMaker akan menghapus tanda centang tersebut.

Untuk menyertakan Field mana saja yang akan ditampilkan di halaman View, maka Anda sebagai Web Developer dapat menentukannya melalui tab Fields atau dalam PHPMaker dikenal dengan istilah Fields Setup.

Di halaman View yang dihasilkan oleh PHPMaker, Anda juga dapat melihat beberapa link/menu/tombol ke beberapa fungsi tertentu, seperti untuk mengekspor data, menambah data, mengubah data, menghapus data, dan sebagainya. Fungsi-fungsi tersebut akan dihasilkan di halaman tersebut tergantung pada pengaturan fungsi terkait pada level Global atau level Table.

Related Articles

    None Found