Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 11, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Email Notification sesuai dengan definisinya berarti adalah Pemberitahuan Email. Karena konteks-nya di Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker, maka Email ini berisi pemberitahuan kepada Pengguna mengenai sesuatu kejadian yang sudah terjadi di dalam Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker.

Pastikan sekali lagi Anda sebagai Web Developer sudah memilih salah satu Table dari panel Database di dalam project PHPMaker Anda, lalu klik tab Table, dan lihat bagian Email Notification.

Ada tiga item pengaturan yang terkait dengan Email Notification yang layak Anda ketahui jika membangun Aplikasi Web dengan menggunakan PHPMaker, yaitu:

  1. On Add, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan menghasilkan fitur di Aplikasi Web yang akan mengirim Email kepada Penerima yang sebelumya sudah diset dari menu PHP -> Email Settings setiap kali telah terjadi penambahan Record di tabel yang terkait.
  2. On Edit, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan menghasilkan fitur di Aplikasi Web yang akan mengirim Email kepada Penerima yang sebelumya sudah diset dari menu PHP -> Email Settings setiap kali telah terjadi perubahan Record di tabel yang terkait.
  3. On Delete, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan menghasilkan fitur di Aplikasi Web yang akan mengirim Email kepada Penerima yang sebelumya sudah diset dari menu PHP -> Email Settings setiap kali telah terjadi penghapusan Record di tabel yang terkait.

Fitur Email Notification akan berfungsi jika Anda sudah mendefinisikan item-item pengaturan yang terdapat di menu PHP -> Email Settings. Jadi, pastikan sekali lagi Anda sudah mengisi pengaturan yang terkait dengan pengiriman Email ini, seperti: SMTP Server, SMTP Username, SMTP Password, Sender, dan Recipient.

Pastikan juga bahwa Web Server Anda bisa menghubungi SMTP Server tersebut, atau pastikan bahwa Web Server Anda mendukung untuk pengiriman Email.

Fitur Email Notification ini sangat bermanfaat jika di Aplikasi Web yang akan Anda bangun membutuhkan fitur pengawasan terhadap setiap data yang baru saja ditambah, baru saja diubah, dan baru saja dihapus. Berdasarkan pengalaman Penulis, fitur ini sangat membantu Web Developer dalam menghemat waktu pengembangan.

Related Articles

  1. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  2. Mengenal Fitur Password Recovery di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  3. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  4. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  5. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  6. Field Wajib di Tabel User pada Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  7. Pengaturan Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  10. Mengenal User Code di PHPMaker
  11. Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker
  12. Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker
  13. Mengenal Fitur Sinkronisasi di PHPMaker
  14. Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?
  15. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker
  16. Mengenal Database Helper Class di PHPMaker
  17. Mengenal Halaman Registrasi User di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  18. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  19. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  20. Menyalin Tabel dan Field dari Dalam Project PHPMaker