Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 13, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Seperti artinya dalam bahasa Indonesia, Multi-Page berarti Multi-Halaman. Di PHPMaker, pengertian multi-halaman sama artinya dengan membagi satu halaman ke dalam beberapa bagian yang diwakili oleh control Tabs.

Fitur Multi-Page di PHPMaker sangat bermanfaat ketika di dalam sebuah halaman memiliki terlalu banyak Field yang harus ditampilkan sekaligus. Anda sebagai Web Developer dapat membagi control-control atau elemen-elemen yang terdapat di sebuah halaman ke dalam beberapa tab.

Pastikan Anda sudah memilih salah satu Table yang terdapat di panel Database, lalu di sebelah kanan klik tab Table. Di bawahnya, lihat bagian yang bertuliskan Multi-Page. Ada 6 item pengaturan yang terkait dengan fitur ini:

  1. Multi-Page Type, tersedia tiga pilihan tipe yang dapat Anda pilih salah satu, yaitu apakah Tabs, Pills, atau Accordion. Secara standar, jika Anda tidak memilih salah satu di antaranya, maka tipe Tabs yang akan digunakan oleh PHPMaker.
  2. Page labels, merupakan label atau judul dari Tab yang bertalian. Jika Anda mengklik tombol di pilihan ini, maka Anda akan dibawa ke sebuah jendela popup baru tempat mendefinisikan label untuk setiap halaman. Bahkan, Anda juga bisa menterjemahkan label halaman tersebut sesuai dengan bahasa yang digunakan di project PHPMaker Anda.
  3. Add page, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan memangkitkan kode untuk menghasilkan fitur Multi-Page di halaman Add.
  4. Edit page, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan memangkitkan kode untuk menghasilkan fitur Multi-Page di halaman Edit.
  5. View page, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan memangkitkan kode untuk menghasilkan fitur Multi-Page di halaman View.
  6. Search page, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan memangkitkan kode untuk menghasilkan fitur Multi-Page di halaman Search.

Pengaturan Multi-Page ini memiliki keterkaitan pengaturan di bagian Fields Setup untuk menentukan suatu Field berada di halaman yang keberapa. Cukup Anda tentukan nomor halamannya dari kolom Page No. yang terdapat di Fields Setup tadi.

Meskipun control seperti Tabs hanya bisa digunakan di Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker untuk fitur Multi-Page saja untuk saat ini, tapi menurut Penulis hal ini sudah cukup mewakili fungsi dari tab tersebut. Dan yang jelas, fitur ini pun sangat membantu Web Developer dalam membuat layout atau tata letak penyusunan control-control di sebuah halaman atau form, apalagi jika jumlah control atau Field relatif sangat banyak.

Related Articles

  1. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  2. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  3. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  4. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  5. Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker
  6. Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker
  7. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Lebih Detail Field Setup di PHPMaker
  10. Mengenal Pengaturan Table-specific Options pada Table Setup di PHPMaker
  11. Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker
  12. Mengenal Halaman Registrasi User di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  13. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  14. Mengenal Pengaturan General pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal User Code di PHPMaker
  16. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  17. Mengenal Custom Files di PHPMaker
  18. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  19. Pengaturan Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  20. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker