Mengenal Database Helper Class di PHPMaker

Author: · Published: October 17, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Di jaman sekarang ini, adalah bukan sesuatu yang aneh ketika sebuah Aplikasi Web harus menggunakan koneksi ke Database lain selain koneksi Database yang utama untuk Aplikasi Web itu sendiri. Hal ini biasanya perlu dilakukan untuk mengambil lalu menampilkan data dari yang terdapat di luar dari Database yang sedang digunakan. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan khusus untuk koneksi ke Database lain tadi, dan biasanya sering diatasi dengan menggunakan class tersendiri.

Di Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker, Anda sebagai Web Developer dapat memanfaatkan sebuah class yang berfungsi sebagai penolong untuk menghubungi Database tertentu. Istilah di PHPMaker disebut dengan Database Helper Class.

Untuk membuat class penolong koneksi ke Database tersebut, maka pastikan Anda sudah mengaktifkan item pengaturan yang bernama Generate database helper dari menu Tools -> Advanced Settings, lalu setelah itu men-generate ulang file-file script yang bertalian, khususnya yang terdapat di bagian Other files pada jendela dialog Generate.

Harus diakui, bahwa memang masih ada keterbatasan mengenai jenis Database yang digunakan oleh class ini. Artinya, Anda tidak bisa membuat class ini menggunakan Database SQL Server, sementara koneksi ke Database utama untuk Aplikasi Web yang akan Anda bangun menggunakan MySQL. Jadi, jika koneksi ke Database utama Aplikasi Web Anda menggunakan MySQL, maka jenis Database yang digunakan oleh Database Helper Class tadi harus MySQL juga.

Lalu, bagaimana jika seandainya Anda ingin membuat class penolong Database tadi yang jenis Database-nya berbeda dengan Database utama, katakanlah ke SQL Server? Jangan khawatir, karena secara logika Anda bisa membuat sebuah project PHPMaker baru dengan menggunakan koneksi Database utama ke SQL Server sambil men-generate Database Helper Class. Hasilnya, Anda bisa menggunakan file Database Helpder Class tadi di project PHPMaker Anda yang menggunakan Database MySQL.

Related Articles

  1. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  2. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  3. Membuat Aplikasi Dynamic Provider Database Menggunakan VB 11
  4. Menyalin Tabel dan Field dari Dalam Project PHPMaker
  5. Mengenal Fitur Sinkronisasi di PHPMaker
  6. Mengenal Multi-Language Property Editor di PHPMaker
  7. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Fitur Password Recovery di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  10. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  11. Mengapa PHPMaker Bisa Men-generate Kode PHP dengan Sangat Cepat?
  12. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  13. Mengenal User Code di PHPMaker
  14. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Custom Validation Function di PHPMaker
  16. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  17. Cara Membuat Database di MySQL
  18. Membuat Framework Class dengan OOP PHP – Bagian 1
  19. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  20. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker