Kalender GUI Tanpa Visual Basic

Author: · Published: April 26, 2007 · Category: Pemrograman VB 

Administrator

Untuk program sederhana semisal gambar anda dengan kalender didalamnya sangat mudah dibuat, tanpa membutuhkan pengetahuan ataupun software visual basic. Gunakan saja Cara Bego™. Yang perlu disediakan hanyalah computer dengan OS Windows XP, dan sebuah program kecil bernama Resource Hacker yang muat masuk disket, oh ya, tambahan satu lagi, yaitu gambar yang akan anda jadikan pendamping program kalender tersebut. Untuk mendapatkan Resource Hacker (disingkat ResHacker), silahkan anda googling, dengan kemungkinan berhasil 99% (1% gagal jika mati listrik tiba-tiba).

Apa? Anda malas googling? Waddoh… apa susahnya membuka google? Baiklah. Silahkan kunjungi url berikut :

http://www.angusj.com/resourcehacker/

atau

http://www.pt.lu/comnet/desc/reshacker.html

Sebagai info tambahan, url yang pertama adalah url situs asli dari pembuat program tersebut, dengan direct download, dan sangat ringan. Begitu saya mengetikkan kata kunci di google, dialah urutan pertamanya. Jadi pakek google mudah kok! Jangan malas mencari.:D
(“ni anak edan kali… Mo bahas google pa apa???”)

Nah. Jika semua alatnya sudah siap. Sebaiknya briefing dulu mengenai apa yang akan kita lakukan. Resource hacker adalah program yang mampu mengedit file tipe exe, dll, scr, dan lain-lain yang berjalan pada keluarga windows. Jadi yang kita perlu lakukan adalah mendapatkan sebuah papan dasar untuk ditaruhi Foto dan Kalender anda. Untuk itu kita perlu sebuah file exe dasar, standar, flat, atau bisa dikatakn papan tripleknya program anda.

Untuk mendapatkan “papan triplek” exe Ini, yang anda perlukan adalah system operasi windows XP. Windows XP, memiliki sebuah tool yang mampu mebuat auto-extrack dalam format exe yang tampilannya standar. Nah! Ini yang kita butuhkan. “Papan triplek” exe inilah yang menjadi papan tempat kalender anda berada. Untuk itu :

Langkah Pertama : Membuat Papan Triplek

1. Klik start, run, dan tuliskan iexpress.exe kemudian hantam enter. Sebuah wizard (wisaya) akan keluar. Kemudian, pilihlah Create new Self Extraction Directive file dan hantam next.

2. Setelah anda sampai di bagian Package Purpose, pilihlah extract file only kemudian hantam next lagi.

3. Setelah itu, akan muncul Title Program. Beri nama terserah anda. Misalnya Kalender Saya, dan kembali hantam next.

4. Berikunya, pilih no Prompt dan hantam next lagi.

5. Nah. Sekarang kita sampai di bagian yang paling penting, yaitu bagian License Agreement. Untuk anda ketahui sebelumnya, di bagian ini, wizard (wisaya) memberikan pilihan untuk menampilkan tulisan yang berisi license agreement atau tidak. Di bagian license agreement inilah tempat kita akan menaruh gambar dan kalender sehingga bagian ini harus ada. Untuk itu, pilihlah Display a licence kemudian klik browse dan pilihlah sebuah file txt untuk dijadikan license agreements. Ukuran filenya sebaiknya kecil saja. Anda bisa saja membuat txt baru yang khusu digunakan untuk ini. Setelah itu, silahkan hantam next.

6. Nah, berikutnya anda akan sampai di bagian Packaged Files. Wizard akan meminta anda untuk memasukkan file yang akan dikemas dalam auto extract. Untuk itu, pilih saja file terkecil yang anda miliki. Misalnya file txt yang anda gunakan untuk licence agreements sebelumnya, kemudian hantam lagi next.

7. Di bagian berikutnya, pilih default kemudian hantam lagi next.

8. Di bagian berikutnya, pilih No Message kemudian hantam lagi next.

9. Di bagian berikutnya, pilihlah lokasi file auto extract tersebut disimpan beserta namanya, kemudian hantam lagi next.

10. Saat disuruh Save atau Don’t Save, pilihan saya serahkan pada anda.

11. Klik next. Setelah anda mengklik next program akan membuat file exe tersebut dan anda akan mendapatkan “papan triplek” exe anda. Setelah itu akan muncul finish yang wajib anda klik. Bagian pertama selesai.

Sekarang yang perlu kita lakukan adalah menggunakan “papan triplek“ yang kita miliki untuk ditempeli gambar dan kalender sehingga program kita selesai. Untuk itu, yang kita perlukan adalah si Reshack ini. Langkah berikutnya adalah :

Langkah Kedua : Nempel-nempel.

1. Jalankan Resource Hacker kemudian buka file “papan triplek” anda. Tidak tau caranya? Di jendela Resource Hacker, klik file, kemudian open.

2. Pindahlah ke jendela bagian kiri, kemudian expand folder Dialogue, kemudian expand lagi folder 2001, sehingga akan terlihat resource no 1033.
Seperti yang anda lihat di gambar tersebut, saat anda membuka resource nomor 1033, maka jendela Dialog – 2001 akan terbuka yang menampilkan jendela license. Inilah mengapa di langkah sebelumnya saya katakan license agreement harus ada. Disinilah tempat kalender itu nanti. Sekarang, anda klik kanan semua yang bisa di klik pada jendela tersebut kecuali tab yang bertuliskan No, dan pilihlah delete control. Sebagai info tambahan, semua yang bisa di klik oleh anda di jendela tersebut bernama control.
Sudah? Oke. Yang perlu anda lakukan adalah mencari tombol Compile Script kemudian menekannya.

3. Sekarang, anda perlu menambahkan gambar yang akan dijadikan penghias kalender anda kedalam “triplek” exe tersebut. Jadi, klik action, kemudian add new resource.

4. Jendela baru akan terbuka dan anda bisa menambahkan resource baru. Klik Open file with new resource. Dalam hal ini, gunakanlah gambar yang berformat BMP. Untuk Resorce Name dan Resource Language, gunakanlah saja angka 1. Sebenarnya bisa terserah anda tapi agar pembelajaran kita (cieee.. Belajar???) lebih tinggi sinkronnya, kita gunakan angka yang sama.
Setelah itu, silahkan klik Add Resource. Maka Resource yang baru bernama Bitmap akan muncul (entah dari mana…).

5. Balik lagi ke resource 1033 di dialogue->2001 yang sudah anda delete semuanya tadi. Klik kanan di window yang kosong tersebut, kemudian pilih add Insert control.

6. Setelah anda menekan Insert control, jendela lain akan terbuka, menanyakan control macam apa yang ingin anda masukkan. Kita akan masukkan bitmap. Klik icon yang lambangnya gambar di baris kedua sebelah kiri, kemudian masukkan di caption dan Help ID angka 1 (satu). Masih ingat angka pada Resource name dan Resource language yang kita masukkan sebelumnya. Inilah gunanya. Silahkan lihat gambar untuk lebih jelasnya.
Setelah siap, hantam tab OK.

7. Sekarang tentunya gambar tersebut sudah masuk di jendela License.
Aturlah gambar tersebut dan besar jendela sesuai keinginan anda.

8. Sekarang kita tambahkan satu lagi resource yang kurang, yaitu tanggal. Untuk itu, klik kanan gambar tersebut, dan sekali lagi pilih Insert control. Jendela yang meminta anda untuk memilih control baru akan keluar seperti sebelumnya. Sekarang, pilih Sysmonth call32 dengan mengklik Icon Tabel bertitik merah nomor dua dari kanan pada baris atas dan hantam OK.
Kemudian aturlah letaknya di atas gambar tersebut yang kira-kira sesuai dan bagus menurut anda.

9. Nah, anda mungkin penasaran apa gunanya tab No yang disisakan tadi? Oke, kita akan menggunakannya sebagai tombol Tutup. Untuk itu klik kanan tab tersebut dan pilih Edit control.

10. Sekarang ganti saja tulisan &No di Caption itu menjadi &Tutup Kalender, atau apa saja yang anda hendaki. Kemudian hantam OK.
(jika tulisan anda kepanjangan sehingga tab yang sebelumnya No tersebut kurang besar, anda bisa meresizenya supaya pas panjangnya dengan tulisan anda)

11. Sekarang save as lewat file dengan nama terserah saja dan jangan lupa tambahkan ekstensi .exe maka program kalender ala anda ini sudah selesai! Selamat!

TEKNEEQ :

a. Masalah icon
Anda mungkin kurang menyukai Icon yang digunakan. Jika ya, saat anda mengedit pilih saja Replace icon di menu Action. Pilihlah icon yang anda hendaki lewat open new icon, kemudian hantam replace.

b. Memilih gambar yang dijadikan latar
Dikarenakan keterbatasan yaitu latar control kalender adalah putih, agar gambar bisa sesuai, ada baiknya daerah yang akan dipasangi kalender berwarna putih. Atau bisa saja anda menggunakan foto anda yang sedang memegang papan. Nah, dipapan tersebut itulah kita taroh control kalender.

Download Tulisan Lengkap: farhan-kalendergui.pdf

Related Articles

  1. Menghilangkan Tanda Shortcut Pada Desktop
  2. Menangani Hak Akses untuk Anonymous User dari PHPMaker
  3. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  4. Membuat Agenda/Undangan dengan Google Kalender
  5. Menggunakan Google Kalender
  6. Menyisipkan Pesan Rahasia pada Gambar atau Audio
  7. Instalasi OS Menggunakan iDRAC
  8. Cyber Broadcast System (CBS) – 3
  9. Instalasi Ubuntu 9.10 Dalam VirtualBox Bagian 1: Mengawali Project
  10. Membuat content web dengan Microsoft Word
  11. Membuat Website Afiliasi Sederhana – Bagian 2
  12. Meng-override Style di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  13. Mengenal Resource Hacker
  14. Instalasi Wireshark
  15. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  16. Hidden & Proteksi Control Panel Di Windows XP
  17. Jurus Berbagi File dan Berbagi Edit dengan Google Drive
  18. Backup, Sebelum Lenyap
  19. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  20. Google Kalender sebagai Pengingat di HandPhone