Menangani Hak Akses untuk Anonymous User dari PHPMaker

Author: · Published: September 10, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

PHPMaker sebagai Tools PHP Code Generator menyediakan beberapa pengaturan keamanan (Security) tingkat lanjut. Salah satu di antaranya adalah pengaturan hak akses untuk Anonymous User. Fitur ini mengijinkan Web Developer mengatur hak akses bagi Pengguna yang belum login ke Aplikasi Web (guest user).

Untuk mengakses pengaturan ini dari dalam project PHPMaker, klik menu Security, kemudian klik tombol Advanced, lalu klik item Anonymous User pada jendela Advanced Security. Di bagian sebelah kanan Anda dapat melihat daftar berupa matriks yang mengandung semua object yang terdapat di project PHPMaker Anda disertai dengan fungsi atau hak akses yang bisa Anda tentukan. Fungsi-fungsi tersebut adalah: Add/Copy, Delete, Edit, List, Search, dan View.

Untuk memberikan hak akses, maka Anda cukup memberi tanda centang pada object dan fungsi tertentu supaya Pengguna dengan level Anonymous User tadi bisa mengakses halaman atau fungsi tersebut di Aplikasi Web Anda. Setelah itu, klik tombol OK, lalu generate ulang semua file script dari PHPMaker seperti biasa.

Tergantung pada fungsi-fungsi yang Anda aktifkan untuk object tertentu dari project PHPMaker Anda, maka PHPMaker akan menghasilkan file-file script untuk Aplikasi Web Anda sesuai dengan pengaturan tersebut. Jadi, sekalipun Anda misalnya memberikan hak akses Edit pada sebuah object, tapi pengaturan halaman Edit tidak Anda aktifkan untuk object tersebut, maka Pengguna tidak akan pernah dapat menggunakan fungsi Edit yang bertalian.

Biasanya, fitur Anonymous User sering digunakan hanya untuk memberikan hak akses ke halaman List, View, dan Search saja. Artinya, Pengguna yang belum login hanya dapat mengakses ketiga halaman tersebut pada object tertentu yang Anda berikan dari pengaturan di atas tadi.

Fungsi-fungsi seperti Add/Copy, Edit, dan Delete tidak diaktifkan di menu Anonymous User, karena fungsi-fungsi ini biasanya hanya diberikan kepada Pengguna yang sudah berhasil login ke Aplikasi Web.

Related Articles

  1. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  2. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  3. Mengenal Custom Validation Function di PHPMaker
  4. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  5. Mengenal User Login Options di PHPMaker
  6. Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?
  7. Mengenal Lebih Detail Field Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker
  10. Menyalin Tabel dan Field dari Dalam Project PHPMaker
  11. Mengenal User ID Security di PHPMaker
  12. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  13. Meng-override Style di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  14. Pengaturan Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  15. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  16. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  17. Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker
  18. Perbedaan Antara Static dan Dynamic User Levels di PHPMaker
  19. PHPdetail – Mengenal Function
  20. Mengenal User Code di PHPMaker