Membuat Aplikasi Converter Suhu dengan Memanfaatkan CORBA

Author: · Published: April 14, 2011 · Category: Pemrograman Java 

CORBA (Common Object Request Broker Architecture) adalah sebuah arsitektur software yang berbasis pada teknologi berorientasi obyek atau Object Oriented (OO) dengan paradigma client-server. CORBA dapat digunakan untuk pengembangan software dengan berbasis pada rekayasa berkomponen.

CORBA lahir berdasarkan ‘kesepakatan’ antara sejumlah vendor dan pengembang perangkat lunak terkenal seperti IBM, Hewlett-Packard, dan DEC, yang tergabung dalam sebuah konsorsium bernama OMG (Object Management Group).

Konsep Object-Oriented (OO) melahirkan paradigma client-server yang mana pada sebuah obyek berkomunikasi dengan obyek lain dengan cara pengiriman pesan (message passing). Konteks komunikasi ini kemudian dipetakan ke dalam model client-server: satu obyek berperan sebagai client (si pengirim pesan) dan yang lain bertindak sebagai server (yang menerima pesan dan memproses pesan yang bersangkutan).

Dengan menerapkan konsep Object-Oriented ataupun Client-Server, kita akan mencoba untuk membuat sebuah aplikasi sederhana yaitu Membuat Aplikasi Converter Suhu Menggunakan Komponen CORBA, yang mana komponen CORBA telah disediakan oleh Java.

Download Tulisan Lengkap: Mudafiq-ConverterSuhuCORBA.pdf
Download Project: ConverterCORBA.zip

(Sumber: Dafiq)

Related Articles

    None Found