Combine Website Dengan CMS Populer

Author: · Published: June 25, 2012 · Category: Pemrograman PHP 

Agus Subardjo

Dengan membaca artikel yang ke-4 (empat) ini saya punya persepsi dan harapan, bahwa anda  (para pemula) sudah lolos mempraktekkan tulisan pertama saya sampai yang ketiga. Artinya, anda sudah bisa berbangga hati dapat membuat website sederhana berbasis database dengan table-tablenya. Walaupun masih sangat sederhana, namun apabila anda tekun melatih dan mengembangkan, Insya Allah dapat menjadi sebuah website yang tidak kalah dengan CMS yang telah disediakan beberapa pengembang misalnya Joomla, Drupal, AuroraCMs, atau masih banyak lainnya.

Untuk sekedar membuktikan bahwa artikel-artikel saya bisa dikembangkan, bisa dilihat, demo (bukan promosi lho) dan silahkan browsing ke alamat http://www.xamthoneherbalmanggis.com

http://sendangsarihotel.comhttp://stmik-wp.16mb.com , http://dishubkominfo.16mb.com (ini hosting dan domain gratis) serta masih banyak lagi, kalau disebutkan satu-persatu akan menghabiskan halaman, yang saya develop/kembangkan dari teknik-teknik dan teori-teori dalam tulisan saya.

Keunggulan menguasai teknik-teknik yang saya sampaikan adalah anda bisa melayani permintaan corak, bentuk, tema yang diinginkan customer anda, baik dikolaborasi dengaan CMS seperti Joomla maupun dengan template HTML lainnya. Kolaborasi dengan Joomla, saya terapkan dalam situs DPRD Kabupaten Blora yaitu http://dprd.kabblora.com. Hanya sayang situs legislative tersebut ADMINWEB dalam mengisi foto atau gambar berukuran besar, baik size-nya maupun besar kapasitasnya. Bayangkan foto dari kamera yang berukuran lebih dari 2000pixel dan kapasitas sampai 2Mb secara mentah dipaksakan dimuat, sedangkan penampilan yang dibutuhkan paling hanya 200pixel. Sudah saya berikan arahan dan petunjuk (wahgaya maneh – wah sombong) tetapi admin tetep nekad …… akhirnya saya biarin aja, karena tugas maintenance-nya bukan hanya 1 (satu) website koq.

Oleh karena itu saya pesen kepada anda.:

 

  1. Pilihlah gambar yang sesuai keperuntukannya.
  2. Anda harus mempunyai kemampuan pula mengolah, mengedit, meng-konvert gambar sekecil mungkin kapasitasnya.
  3. Kalau sekedar untuk website, saya anjurkan jangan menggunakan photoshop, karena disamping kerjanya berat untuk PC anda, sebenarnya dia tidak gratis alias berbayar, dan sebenarnya bagus untuk percetakan, peinting, sablon, design graphic dan gambar-gambar yang membutuhkan kualitas tinggi karena berbasis vector.
  4. Pilihlah ekstensi yang kapasitasnya paling kecil, karena sama-sama gambar dengan ukuran, serta sama kualitasnya apabila disimpan dengan ekstensi berbeda, maka kapasitas juga berbeda (nggak percaya … boleh coba deh)
  5. Sering Adminweb pemula lupa, dalam menset (mengecilkan atau membesarkan) gambar dengan menarik garis pinggir gambar tersebut, shingga sering kita jumpai misalnya gambar orang, menjadi kurus tinggi, atau gemuk pendek, sedangkan apabila logo tidak lagi bulat, tapi jadi lonjong.Waktu meng-copy paste, bahan berita, artikel atau lainnya dalam form input, jangan lupa diteliti kembali, karena kadangkala ada karakter huruf yang anek, spasi yang melebar, bentuk font ang tidak seragam sama atau keanehan-keanehan lainnya.
  6. Guna menghindari pelanggaran HAKI, jangan lupa cantumkan sumber, pengarang atau referensi kedalam inputan tersebut., apalagi kalau sudah ada peringatan, atau disclamer. (Lha koq artikel saya nggak ada.? Hiya saya tulis ketik tanpa konsep, apalagi lingak-linguk cari bahan.? Kebetulan bahannya keluar begitu saja dari pikiran dan otomatis tangan mencari tuts-tuts keyboard, mangkanya kalau ada istilah, dan kalimat salah maafin aja, syukur-syukur bisa kasih tahu lewat email saya agar saya perbaiki, )
  7. Walaupun baru mengembangkan web sederhana di localhost/PC anda, jangan ragu-ragu atau sungkan-sungkan untuk diposting-kan ke hosting gratis, sambil melatih mengelola hosting sendiri. Pada saat ini yang pantas anda coba di  http://www.idhostinger.com/ yang menyediakan space sampai 2 Gb, Panel Control yang standart serta banyak fiur yang bias dimanfaatin (bukan promo lho)
  8. Sambil istirahat menulis 24 jam, kami sertakan aplikasi-aplikasi gratisan yang dapat dimanfaatkan untuk membangun website.(20120625-10.20 wib)

PHPMaker 1.0          PhotoFiltre 5.6.2

Download Tulisan Lengkap:   agus_membangunweb4.pdf

NEXT ARTICLE


Author : Agus SUbardjo

Related Articles

  1. Membangun Website Edutainment-2
  2. Belajar Membuat Website
  3. Membangun Free Template Online Untuk Website
  4. Tutorial Membuat Website Gratis Bag 2
  5. Membuat Backslide pada Website
  6. Membangun Sistem Pendaftaran Siswa Baru online
  7. Membuat content web dengan Microsoft Word
  8. Membuat Website dengan CMS Drupal
  9. Membangun Website Dinamis Berbasis PHP-MySQL
  10. Instalasi CMS Joomla di Server Lokal
  11. Membangun Halaman Admin Website Dinamis
  12. Mengakses Halaman Website yang Sudah Offline Menggunakan Wayback Machine Milik Internet Archive
  13. Membangun Webgame Sederhana
  14. Hit Counter Dengan Animation Image
  15. Membangun Website Edutainment
  16. Web Counter Google Analytics pada Blog
  17. Membuat Proposal Website Sekolah
  18. Cara Menghemat Kuota Internet dan Mempercepat Browsing Internet
  19. Menginstall dan mengaplikasikan template dalam desain website joomla
  20. Membuat Menu Dengan Style Sheet