Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 4)

Author: · Published: October 27, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Hal berikutnya yang sering kali dilupakan oleh Web Developer ketika bekerja adalah lupa untuk beristirahat atau terlalu ngotot untuk mencari solusi terhadap suatu permasalahan yang terjadi pada fase pengembangan. Karena penasaran, maka mereka akan cenderung bertahan di tempat duduknya sampai berjam-jam lamanya, hanya untuk mencari tahu penyebab dari permasalahan tadi.

Sebagai contoh, pernahkah Anda mengalami kejadian Aplikasi Web yang Anda bangun tiba-tiba tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Katakanlah saat Anda mengetes dengan cara mengakses halaman tertentu melalui browser, maka yang tampil adalah halaman kosong alias blank. Padahal beberapa saat sebelumnya, halaman tersebut bisa diakses dengan normal. Jika Anda ingat-ingat kembali, bisa jadi hal ini disebabkan karena modifikasi sebelumnya yang Anda lakukan pada salah satu atau beberapa file script di Aplikasi Web Anda.

Beberapa bagian kode ternyata ada yang sudah Anda ubah, tapi Anda lupa mengetest ulang setiap kali sebuah perubahan dilakukan. Anda baru sempat mengetestnya setelah beberapa lama kemudian. Akibatnya, hal ini menyebabkan masalah tersendiri yang biasanya membuat Anda menjadi keringat dingin, karena Anda sudah tidak ingat lagi di bagian perubahan yang mana penyebabnya. Lalu, karena Anda panik, maka jangankan untuk mencari solusi, mencari tahu penyebab mengapa hal itu terjadi saja Anda akan mengalami kesulitan.

Salah satu sifat buruk Web Developer yang sebaiknya bisa dikendalikan adalah ngotot mencari tahu penyebab tanpa berusaha untuk tenang dan cooling down terlebih dulu. Lalu, hal sepelenya yang mana? Hal sepelenya adalah, Anda lupa untuk istirahat sejenak. Yang seharusnya Anda makan siang atau beranjak dari tempat duduk untuk sholat (bagi yang Muslim) terlebih dulu, tapi itu pun tidak Anda lakukan. Kebiasaan Web Developer selama ini adalah berusaha untuk mati-matian mencari solusinya.

Berdasarkan pengalaman Penulis, jika Web Developer tetap ngotot, maka semakin akan sulit jugalah mereka mencari penyebab dari permasalahan tadi. Lalu apa solusinya? Sederhana saja. Cukup terapkan prinsip ini: Tinggalkan komputer Anda saat itu juga. Jika pada saat itu waktunya harus istirahat atau makan siang, maka lakukan segera! Jangan ditunda-tunda lagi. Jika saat itu belum waktunya makan, maka berjalan-jalanlah sejenak. Rilekslah, dan jangan selalu terpaku kepada komputer Anda, karena Penulis sering mengalami, semakin ngotot kita mencari tahu penyebabnya, maka akan semakin sulitlah menemukan penyebab mengapa permasalahan tadi terjadi.

Pengalaman Penulis juga sudah membuktikan, bahwa setelah kita beristirahat atau rileks sejenak dari urusan ngoding, maka saat kita kembali ke depan komputer, maka biasanya ada saja ide-ide segara yang langsung muncul untuk mengatasi permasalahan tadi. Seolah pikiran kita dibukakan pada saat itu. Penulis meyakini, bahwa hal ini merupakan dampak positif dari tersedianya waktu istirahat sejenak tersebut.

Bagi sebagaian besar Web Developer, hal ini sering mereka anggap sebagai sesuatu hal yang sepele. Mereka merasa harus mampu mengatasinya saat itu juga. Mereka menganggap bahwa hal itu bisa diatasi dengan cepat. Yang lucunya, tanpa terasa, sering kali mereka sudah menghabiskan waktu sampai berjam-jam (bahkan ada yang sampai berhari-hari), tapi solusi terhadap permasalahan tadi tidak kunjung datang.

Padahal, kalau saja mereka mau berhenti sejenak, maka penyebab permasalahan tadi menjadi lebih mudah ditemukan. Ngotot untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang Anda alami selama fase development tentu boleh-boleh saja, tapi lakukanlah dengan sewajarnya. Jangan berlebihan, karena semakin hal ini dilakukan berlebihan, semakin tertutup juga pikiran Anda untuk menemukan solusinya.

Tidak percaya? Buktikanlah mulai hari ini. 🙂

Related Articles

  1. Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 5)
  2. Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 1)
  3. Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 3)
  4. Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 2)
  5. Mengenal Fitur Sinkronisasi di PHPMaker
  6. Mengenal User Code di PHPMaker
  7. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Custom Files di PHPMaker
  9. Menyisipkan Business Logic Saat Record Ditambah di Aplikasi Web dari PHPMaker
  10. Terjebak Biaya Lisensi?
  11. Menyalin Tabel dan Field dari Dalam Project PHPMaker
  12. Teknik Awal Diagnosa Permasalahan Komputer Dengan Diagram Alur (Flowchart)
  13. Cara Menginstall iCloud
  14. Mengenal Client Scripts di PHPMaker
  15. Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?
  16. Prinsip-prinsip Dasar dalam Membangun Aplikasi Web dengan PHPMaker
  17. Mengenal Custom Validation Function di PHPMaker
  18. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  19. Mengenal Server Events di PHPMaker
  20. Mengenal Halaman Ganti Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker