Membangun Webgame Sederhana

Author: · Published: June 27, 2012 · Category: Pemrograman PHP 

Agus Subardjo

Apapun istilahnya, yang penting kita paham apa maksudnya, karena dalam dunia maya ini, istilah kadang-kadang terdengar “sak enak udele dewe” (Jw. Semau yang mengistilahkan atau yang punya idde bila masih baru). Lihat saja seperti “mouse” yang harfiahnya berarti tikus barangkali tadinya dibayangkan seperti tikus yang mempunyai ekor panjang, padahal dalam perkembangannya “mouse” ini berupa bola plastic besar, pen atau pulpen, tanpa kabel karena memanfaatkan infra-red, Belum lagi “Flash” saya tahunya dulu adalah jenis file berekstensi swf, padahal sepengetahuan saya artinya kilat. Istilah inipun makin berkembang penggunaannya, mulai dari flash-disk, memory-flash, flasher, dan masih banyak lagi.

Demikian pula web-game, terserah mau diistilahkan web-game atau game-web, atau game-online, atau online-game, hanya maksud saya adalah sebuah website yang dapat memainkan game-game atau permainan, namun bukan game yang dapat mempertarungkan antara user atau pengunjung, tetapi hanya bermain sendirian, yah … lumayan untuk anak-anak PAUD, TK dan SD, walaupun kadangkala anak SD-pun sudah lebih maju lagi dalam bermain.

Seperti biasa, saya memfokuskan pembuatan website dengan database, maka langkah pertama yang perlu anda garap adalah membuat database.

Kita proses database tersebut menjadi PatriotCMs, dengan PHPMaker, di-upload ke localhost dan jalankan melalui browser. Gamelist masih kosong, maka masukkan data sesuai dengan field yang ada melalui halaman input, dimana id akan otomatis karena autoincrement, file adalah file-file game yang saya sertakan dalam artikel ini dan dapat didownload, demikian juga screenshot-nya, namun apabila punya kreativitas, screenshot dapat membuat sendiri berupa image atau gambar berekstensi jpg, gif, png atau lainnya yang penting jangan besar-besar sizenya maupun kapasitasnya.

Walaupun data sudah kita input-kan, gamelist sudah terisi, tetapi waktu kita tekan view, game masih belum berfungsi. Jangan panik, anda masih perlu meng-edit gameview.php dengan teks-editor

 

File game :  game2       file game3    file game 6    file game 7

Download Tulisan Lengkap :  agus_membangunweb9

Related Articles

  1. Membangun Aplikasi PHP Tanpa OOP
  2. Membangun Website Edutainment
  3. Membuat content web dengan Microsoft Word
  4. Bikin Tetris dengan Pascal
  5. Membangun Sistem Pendaftaran Siswa Baru online
  6. Membuat Menu Dengan Style Sheet
  7. Membuat Framework Class dengan OOP PHP – Bagian 1
  8. Membangun Website Edutainment-2
  9. Backup, Sebelum Lenyap
  10. Belajar Upload Website ke Server Host
  11. SIM Berbasis Web – PHP MySQL
  12. Membuat halaman Login (Pendaftar Siswa Baru)
  13. Pendaftaran Siswa Online 2
  14. Step by Step Menjadi Programmer Handal Dengan VB.NET (2)
  15. Panduan Mudah PhpMyAdmin
  16. Di bawah /etc (Sebuah Panduan Singkat)
  17. Mengenal Database Helper Class di PHPMaker
  18. Prinsip-prinsip Dasar dalam Membangun Aplikasi Web dengan PHPMaker
  19. Menambah Fitur Ala Blog
  20. Mengenal Fitur Sinkronisasi di PHPMaker